Berita Kota Bukittinggi

Baznas Salurkan Zakat Kepada 217 Petugas Kebersihan




Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bukittinggi menyalurkan dana bantuan zakat kepada petugas kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi yang bertempat di aula Kantor Baznas Bukittinggi, Jum’at (18/5). Zakat yang diberikan kepada 217 mustahiq dengan dana yang disalurkan sebesar Rp.86.800.000,.

Disamping dihadiri ketua dan pengurus Baznas, juga terlihat hadir kepala kantor Kemenag Bukittinggi dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi.   

Ketua Baznas Bukittinggi Prof.A. Rahman Ritonga menjelaskan, selama tahun 2017 dana zakat yang terkumpul sebanyak Rp.2.077.110.000,- yang telah disalurkan kepada 3.890 KK dengan jumlah dana Rp.2.037.372.000,- . sedangkan sampai akhir bulan April 2018 telah terkumpul dana zakat sebesar Rp.706.000.000,- yang telah disalurkan kepada 233 KK mustahiq dengan jumlah Rp.100.920.000,-.

“Hari ini merupakan penyaluran zakat yang pertama kepada komunitas mustahiq, namun secara perorangan atau pribadi tetap dilayani.  Kepada petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup yang berjumlah 217 orang akan mendapatkan masing – masingnya sebesar 400 ribu rupiah. Mudah-mudahan zakat yang diberikan dapat meringankan beban mustahiq terutama dalam menjalankan ibadah puasa dan persiapan lebaran nanti”, ujarnya.

Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi Abrar Munanda, menyampaikan apresiasi kepada Walikota dan ketua serta pengurus Baznas Bukittingg yang begitu kompak, telaten dan istiqamah didalam menjalankan amanah yang diemban, karena kehadirannya sangat dirasakan masyarakat. Baznas selalu memberdayakan muzakki maupun memberdayakan mustahiq. Sehingga Baznas pun dipercaya sebagai lembaga pengumpul dan penyaluran zakat bagi warga.

“Kepada mustahiq yang menerima hari ini, diharapkan dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan penunjang kebahagiaan kita bersama di hari lebaran nanti.  Kami juga menghimbau kepada kita semua yang menerima zakat, menjelang idul fitri nanti walupun kita mustahiq tapi kita juga wajib mengeluarkan zakat nanti yang disebut dengan zakat fitrah, untuk diri kita, istri kita, anak kita yang berada di bawah tanggngjawab kita”, himbaunya.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, mengungkapkan kebanggaannya terhadap petugas lapangan yang bekerja membersihkan kota, sehingga Bukittinggi telah menerima Adipura untuk kedua kalinya. Untuk tahun ini pun diharapkan Bukittinggi kembali meraih Adipura.
Terkait penyerahan zakat, Walikota menghimbau untuk memanfaatkannya dengan baik. Walaupun diberikan di awal Ramadhan, namun tujuannya untuk penunjang lebaran nanti.

“Zakat ini diharapkan dapat diterima dan dipergunakan dengan baik. Jangan sampai memanfaatkan zakat ini sesuai keinginan, namun pergunakan sesuai kebutuhan. Sehingga penyaluran zakat ini dapat sesuai dengan tujuan dan maknanya,” ujar Ramlan.

Ramlan juga berharap disaat lebaran nanti tidak ada satupun warga kota Bukittinggi yang boleh menangis karena tidak ikut berlebaran dan tidak bisa membelikan baju untuk anaknya, “kalau ada laporkan kepada saya”, tegasnya.

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI