Berita Kota Bukittinggi

Bukittinggi Bertakbir Sambut Idul Adha 1440 H




Setelah beberapa kali dalam dua tahun terakhir dipindahkan ke rumah dinas Walikota, karena terkendala cuaca, akhirnya kegiatan Bukittinggi Bertakbir menyambut Idul Adha 1440 H, kembali dilaksanakan di pelataran pedestrian Taman Jam Gadang, Sabtu (10/08).

Kegiatan rutin tahunan itu, dipimpin langsung Walikota, dihadiri Wakil Walikota, unsur Forkopimda, anggota DPRD Bukittinggi, Keplaa OPD, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, serta ratusan warga yang berkesempatan hadir dalam kesempatan itu.

Sebelum mengumandangkan takbir, para jemaah Bukittinggi Bertakbir diberikan tausiyah oleh Ustadz Albert Nashir. Dimana dalam ceramah singkatnya itu, dosen IAIN tersebut menyampaikan uraian singkat terkait ibadah qurban yang sejatinya, merupakan implementasi keteguhan iman dan keikhlasan dari Nabi Ibrahim AS serta anaknya Nabi Ismail AS.

Selain itu, dalam momet Idul Adha, juga diselenggarakan ibadah haji bagi umat muslim.yang telah mampu. Haji menjadi rukum Islam kelima, yang juga merupakan ibadah fisik, untuk mencari ridha Allah SWT dan bertaubat atas kesalahan yang telah diperbuat selama hidup.

“Dalam menjalani kehidupan, kita harus bersabar dan berhati-hati dalam mengambil tindakan. Karena semua akan diperhitungkan dan kita harus ikhlas melaksanakan semua karena semua akan kita tinggalkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, permohonan maaf lahir dan batin kepada seluruh warga kota Bukittinggi.

“Atas nama pemerintah kota, keluarga dan juga pribadi, kami mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1440 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita diterima disisi Allah SWT. Kami juga terus mengimbau kepada kita semua untuk mendoakan jemaah haji kota yang tengah menunaikan rukun Islam yang kelima. Semoga menjado haji yang mabrur,” ujar Ramlan.

Selanjutnya, Wako juga mengimbau kepada warga kota Bukittinggi yang berkesempatan, untuk dapat menunaikan ibadah shalat Idul Adha di lapangan kantin Bukittinggi.

“Dimana akan bertindak sebagai khatib pada shalat Idul Adha nantinya adalah DR. M. Khasim, MA yang merupakan dosen UIN Imam Bonjol Padang. Sedangkan sebagai Imam adalah Buya H.Ali Amran,” jelas Wako didampingi Ketua PHBI Bukittinggi.

Bukitinggi Bertakbir ditutup dengan pemukulan bedug oleh Walikota bersama Wakil Walikota dan unsur Forkopimda. Diiringi dengan takbiran oleh sejumlah qori terbaik Bukittinggi yang tergabung dalam Ikatan Persaudaraan Qori dan Qoriah (IPQAH) kota Bukittinggi. (Ylm)
 

LINK DIREKTORI