Berita Kota Bukittinggi

Bukittinggi Raih Pakarti Madya III Hatinya PKK Tingkat Nasional




Kota Bukittinggi meraih penghargaan Pakarti Madya III Nasional pada Lomba pelaksana Pemanfaatan halaman pekarangan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman hatinya PKK tahun 2019. Penghargaan diserahkan Ketua Umum Pusat Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dr. Erni Guntarti Tjahyo Kumolo kepada Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny.Yessi Endriani Ramlan Nurmatias pada rangkaian acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Nasional ke 47 tahun 2019 yang dilaksanakan di Kota Padang, Rabu  (24/07)).

Pada lomba tingkat nasional, Kota Bukittinggi diwakili Dasawisma Dahlia Kelurahan Campago Guguak Bulek, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan dan berhasil meraih Pakarti Madya III itu setelah masuk nominasi enam besar dari 16 provinsi yang dinilai se Indonesia. Turut serta bersama Ketua TP PKK Bukittinggi adalah Ketua TP PKK Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Ketua TP PKK Campago Guguak Bulek dan perwakilan TP PKK Kota Bukittinggi.

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny. Yessi Ramlan Nurmatias, mengatakan sangat bangga bisa menerima penghargaan Pakarti Madya III dari Ketua Umum TP PKK dr. Erni Guntarti Tjahyo Kumolo. Ini kebanggaan Kota Bukittinggi dan juga kebanggaan masyarakat Kota Bukittinggi.

Diraihnya penghargaan ini ungkap Yessi, sebagai pengakuan bahwa masyarakat Bukittinggi secara sadar telah mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya. Termasuk telah mampu mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman,  ternak dan ikan akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus guna pemenuhan gizi keluarga dan dapat memberikan sumbangan pendapatan bagi keluarga.

Yessi berharap, semangat pemanfaatan pekarangan rumah tidak hanya di saat menghadapi lomba, namun dapat diaplikasikan dalam keseharian. Salah satu pemanfaatan pekarangan, diantaranya Kebun Gizi Keluarga dengan Buah dan Sayur, Apotik Hidup dengan Tanaman Obat tradisionil, warung hdup dengan aneka bumbu dan rempah serta tanaman pelindung / tanaman keras. Penataan Halaman juga diperhatikan dengan menata sarana Pembuangan limbah rumah tangga, sehingga tidak terdapat genangan di halaman rumah yang dapat menjadi sumber penularan penyakit. Serta penataan halaman dengan aneka tanaman hias, agar menimbulkan kesan asri pada rumah tersebut, dan memelihara kebersihan, keindahan serta kenyamanan lingkungan.

"Keberhasilan kita syukuri dengan meningkatkan kinerja sekaligus mempertahankan juara. Jangan cepat merasa puas dengan capaian yang telah didapat saat ini. Karena masih ada tanggung jawab dan kerja keras yang harus kita lanjutkan. Untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga, guna mencapai Keluarga Berkualitas tahun 2019 dan Keluarga Sehat 2019," ucap Ny.Yessi Endriani.

Atas prestasi itu, Yessi Endriani menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan yang dicapai kader PKK Kota Bukittinggi beserta Dasawisma, karena usaha dan kerja kerasnya dalam melaksanakan program Hatinya PKK dan meraih juara. Memang juara bukanlah tujuan utama, melainkan bagaimana kita mampu melaksanakan 10 Program Pokok PKK sekaligus memberikan pembinaan-pembinaan kepada kader PKK dari bawah untuk berani tampil dan bersaing di tingkat provinsi dan nasional, tutupnya. (Ylm)

LINK DIREKTORI