Berita Kota Bukittinggi

e-Katalog di Sosialisasikan di Bukittinggi


LKPP RI mengadakan Sosialisasi e-Katalog bagi para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa se Sumbar pada Kamis (07/09) di Grand Rocky Hotel Bukittinggi. Sosialisasi menggandeng PT. Air Mas Jbros Teknologi (Ayooklik.com) dan dihadiri Direktur Pengembangan Sistem Katalog LKPP RI Sarah Sadiqa dan Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Direktur Pengembangan Sistem Katalog LKPP RI Sarah Sadiqa mengatakan Katalog elektronik atau E-Catalogue adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari berbagai Penyedia Barang/Jasa Pemerintah. Sementara E-Purchasing adalah tata cara pembelian Barang/Jasa melalui sistem katalog elektronik. Sarah melanjutkan, percepatan pelaksanaan pembangunan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah perlu didukung oleh percepatan pelaksanaan belanja Negara, yang dilaksanakan melalui Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Namun, dalam pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah kadang kala ditemukan kendala. Seperti  perencanaan Pengadaan Barang/Jasa yang kurang baik, pengesahan anggaran yang terlambat, tidak segera dilaksanakannya pengumuman pelaksanaan pemilihan penyedia, hingga belum meratanya kompetensi dari Pengelola Pengadaan. Kendala dalam pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah salah satunya dapat diatasi dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pelaksanaannya. Pemanfaatan teknologi informasi selain bertujuan untuk memperingan beban Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah juga bertujuan untuk tetap menjaga sisi akuntabilitas dalam pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Saat ini, Pengadaan barang dan jasa Pemerintah sudah memanfaatkan teknologi informasi. Salah satunya dengan menggunakan e-katalog. Inovasi terhadap metode Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah diperlukan dalam pelaksanaan percepatan belanja Pemerintah, khususnya terhadap Barang/Jasa yang secara luas dibutuhkan oleh Pemerintah. Oleh karena itu, Pemerintah merasa perlu untuk mengakselerasi pertumbuhan Katalog Elektronik baik dari segi kuantitas maupun varian Barang/Jasa.

Basuki Surodjo CEO PT. Air Mas Jbros Teknologi (Ayooklik.com) mengatakan Airmas Group merupakan sebuah perusahaan Informasi Teknologi yang berkembang dengan mitra bisnis perusahaan-perusahaan ternama di dunia IT. Memulai eksistensi perusahaan semenjak tanggal 1 Januari 2008 dengan domisili area di wilayah DKI Jakarta. Hari ini disosialisasikan ayooklik untuk wilayah Padang dan sekitarnya. Basuki melanjutkan, komitmen Air Mas Jbros Teknlogi adalah memberikan pelayanan terbaik dengan terus membina hubungan baik sehingga kepuasan pelanggan menjadi trademark kami. Kami berusaha menciptakan brand awareness yang signifikan dan mumpuni sehingga image positif perusahaan dapat terwujud.

Untuk sektor Government, PT. Airmas Perkasa menghadirkan Ayooklik.com sebagai penyedia E-Catalogue dengan kualitas baik dan pengalaman di bidang penyediaan barang serta jasa pemerintah. Ayooklik juga membidik target sasaran untuk retail (B to C – Business to Customer) dan korporasi (B to B – Business to Business). Beriringan dengan waktu berjalan dan semakin berkembangnya dunia teknologi, Aimas Group berusaha menjadi perusahaan IT yang mumpuni dan mendapat kepercayaan terbaik dari semua relasi.

PT. Air Mas Jbros Teknologi (Ayooklik.com)telah bermitra dengan LKPP selama dua tahun dan telah berperan aktif dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. E-Katalog tidak semata2 untuk mencari keuntungan, tapi untuk membangun ekosistem pbj pem yah akuntabel. Selain fokus penjualan juga dibentuk wadah kepedulian ayo peduli bagi yang butuh bantuan.

Sementara Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias sagat menyambut baik diadakan sosialisasi  dan cara pelaksanaan teknis belanja lewat e-katalog hari ini di Bukittinggi. Apalagi dapat menambah pengetahuan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa dalam menggunakan e-katalog. Ramlan mengakui, selama ini Pemko Bukittinggi  merasa aman melakukan pengadaan barang dan jasa lewat e-katalog karena standar jelas dan memiliki resiko kecil.  Karena itu ramlan mengharapkan peserta yang mengikuti Sosialisasi hari ini dapat memanfaatkan kesempatan untuk menggali ilmu lebih dalam dalam melaksanakan e-katalog. (fika)

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI