Berita Kota Bukittinggi

KEGIATAN BUNDO KANDUANG KECAMATAN GUGUK PANJANG “BARAJA MAMASANG TIKULUAK�



Selasa siang tanggal 06 September 2016, Bundo Kanduang se- Kecamatan Guguk Panjang melaksanakan kegiatan “Baraja Mamasang Tikuluak” (Tutorial Aneka Macam Tikuluak). Yang mana kegiatan ini di isi oleh Bundo Ir. RAMA YATI, SH dari Komunitas Baju Basiba Padusi Minang .

Dalam sambutannya Bundo Titi sapaan akrab beliau, menyampaikan bahwa seorang perempuan Minang “Indak ado mempunyai Pakem Kecantikan” kecantikannya sudah terpancar dari dalam diri seorang Padusi Minang (Inner Beauty). Bundo Titi juga menyampaikan bahwa seorang Ibu di Minangkabau tidak ada mengajarkan anaknya untuk bersolek (make up) yang ada itu mengajarkan berbagai macam keterampilan untuk “Kacio masa depan”. Dan semua ukuran ukuran tersebut sudah tertuang dalam “Sumbang Duo Baleh”.

Pada kesempatan ini Beliau juga bercerita, bahwa kecintaannya terhadap budaya dan adat Minangkabau sudah terlahir sejak kecil, dimana Ibu dan Nenek beliau selalu membawa beliau untuk mengikuti acara-acara adat, pernikahan (Baralek) sehingga dekat dengan segala macam kurenah budaya Minang, “setiap kali ada siriah baralek, tangan kecil kami bergantian di jinjing menapaki rumah para keluarga, kaum dan saudara–saudara di kampung, sehingga menularkan budaya dan adat istiadat Minang, maka dari itu kita jangan lelah untuk membawa, mengenalkan budaya serta adat istiadat kepada anak-anak kita sebagai penerus” ujar beliau.

Penampilan seorang Padusi Minang itu diperhatikan mulai dari Selop, Kain (Kodek), Baju, Salendang dan terakhir untuk melengkapinya dengan Tikuluak. Untuk membuat Tikuluak bisa memakai Sarung, Kain Panjang, Salendang Songket dan untuk lebih trendy bisa memakai pashmina tanpa mengurangi esensinya dan sesuai dengan kaidah. Tikuluak ini bisa untuk harian, ke acara adat, pesta yang disesuaikan dengan model dari Tikuluak ini .

Ketua Bundo Kanduang Kecamatan Guguk Panjang Bundo LINDA ZUBIR memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir. Dimana peserta yang hadir adalah perwakilan dari Bundo Kanduang Kelurahan yang ada di Kecamatan Guguak Panjang . Semoga Ilmu yang di dapat bisa dipraktekkan dan berguna bagi semua. Selanjutnya Terimakasih kepada Bapak Camat Guguk Panjang Drs.H.NOFRIANTO, CH , MM yang telah mensuport acara kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar. Serta Terimakasih kepada Bundo YESSI RAMLAN selaku Penasehat Bundo Kanduang Kota Bukittinggi yang memberikan motivasi buat Padusi Minang di Bukittinggi sehingga Bundo Kanduang tetap menjadi Tauladan dan Limpapeh Rumah Gadang .

Diakhir acara Bundo Titi mengajak seluruh Bundo Kanduang untuk berphoto bersama, sehingga acara ini Beliau sebut sebagai Tikuluak Silaturrahim. Dan beliau juga berpesan agar selalu membudayakan Baju Kuruang Basiba dalam setiap kesempatan atau acara-acara . (fd@td/GugukPanjang)

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI