Berita Kota Bukittinggi

Kelurahan Manggis Ganting Wakili Sumbar, Dinilai Tim Nasional




Kelurahan Manggis Ganting Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) Bukittinggi menjadi wakil Provinsi Sumatera Barat di tingkat regional dan dinilai Tim Pusat karena sudah masuk lima besar pada evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan Regional I Sumatera, Jumat (26/7).

Tin ferivikasi lomba Desa dan Kelurahan Pusat yang dipimpin oleh Yani Hutamada dengan anggota  Imron Setiawan dan Muhadi dari Ditjen Bina Pemdes Kemendagri RI serta Krisna Anggara dari BNN Pusat ini diterima dan disambut oleh Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, Syafrizal Kepala Dinas PMD Prov.Sumbar mewakili Gubernur, unsur Forkompimda Kota Bukittiggi, Ketua TP PKK Ny.Yesi Ramlan, Wkl Ketua TP PKK Khadijah Irwandi, Ketua DW Persatuan Muchlisah, Ka.SKPD, tokoh masyarakat, niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai dan bundo kanduang serta masyarakat Kel.manggis gantiang dan undangan lainnya.

Wakil Walikota Irwandi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim, dan menjelaskan kondisi real kelurahan sebagai penyelenggara pemerintahan dan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dimana melihat tingkat partisipasi daripada masyarakat terhadap pembangunan khususnya di kelurahan Manggis Ganting dengan perencanaan pembangunan yang sifatnya bottom up benar – benar dirasakan masyarakat dan mengatakan ini  adalah berkat pendekatan yang dilakukan oleh lurah secara persuasive.

“kami sangat mengapresiasi dan bangga dengan kelurahan Manggis Ganting ini, dimana perencanaan yang sifatnya bottom up betul – betul lahir dari masyarakat karena pendekatan yang dilakukan oleh lurah bersifat persuasive, sistim pemerintahan disini lebih banyak mengedepankan partisispasi daripada masyarakat dan peran daripada informal leader seperti tokoh adat, ninik mamak dan bundo kanduang yang memberikan warna dalam menetapkan kebijakan, semuanya ini terlihat dari aktifitas dan partisispasi masyarakat”, ujar Irwandi dan menyampaikan optimisnya bahwa kelurahan Manggis Ganting ini menjadi juara di tingkat Regional nantinya.

Kemudian Irwandi juga menyampaikan keunggulan lainnya daripada kelurahan ini, upaya – upaya yang telah dilakukan pemerintah kelurahan dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan aktifitas sebagai kampung wisata serta banyaknya inovasi dan prestasi yang diraih oleh Kelurahan Manggis Ganting ini.

Sementara itu ketua Tim penilai Yani Hutamada juga mengucapkan selamat kepada Kelurahan Manggis Ganting karena telah berhasil menjadi 5 besar dari tujuh ribu kelurahan yang ada di Regional I Sumatera yang nantinya akan bersaing dengan kelurahan lain di empat provinsi lainnya yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung dan Prov.Bangka Belitung.

“saya mengapresiasi, posisi di lima besar ini adalah suatu prestasi dan capaian yang luar biasa bagi Kelurahan Manggis Ganting. Tugas tim disini hanya untuk mengklarifikasi dan mencocokkan antara jawaban , instrument penilaian dan data yang telah dikirimkan kepada tim evaluasi dengan data real yang ada dilapangan, setelah ini tim verifikasi akan mempresentasikan dihadapan tim penilai”, ungkap Yani.

Kemudian Yani juga menjelaskan bahwa pada tahap klarifikasi ini, tim akan memperdalam pada tahap tata kelola pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan serta inisiatif, inovasi yang telah dilakukan untuk mendorong pengembangan pelayanan public, penataan kewilayahan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat maupun produk unggulan yang telah dikembangkan di kelurahan.   

Yani juga berharap, “apapun hasil penilaian nanti besar harapan kami keluarahan Manggis Ganting yang telah mewakili provinsi Sumbar ini terus tertata lebih baik lagi dan meningkat kinerja pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatn dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kelurahan Manggis Ganting yang akan menjadi contoh dan teladan bagi Kelurahan lainnya”, harapnya.

Sebelum tim melakukan diskusi bersama kelompok masyarakat yang telah ditentukan serta Lurah, terlebih dahulu Tim menyaksikan video dan mendengarkan ekspose kelurahan yang disampaikan oleh Lurah Manggis Ganting M.Nur. (Ylm)

LINK DIREKTORI