Berita Kota Bukittinggi

Musrenbang Kecamatan MKS, Usulkan 34 Kegiatan




Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) Kota Bukittinggi menggelar musrenbang tingkat kecamatan di Aula Kantor Camat MKS, Rabu (19/02). Kegiatan ini dibuka langsung Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi didampingi Kepala Bapelitbang Rismal Hadi, Camat MKS Erizal dan dihadiri Anggota DPRD, Ibra Yaser.

Camat MKS, Erizal, menyampaikan, kegiatan yang diusulkan dari musrenbang kecamatan ini, merupakan hasil dari musrenbang kelurahan dan beberapa usulan dari kecamatan langsung.

“Musrenbang tahun ini ada 34 kegiatan yang diusulkan. Bidang Infrastruktur ada 15 kegiatan, bidang ekonomi ada 5 kegiatan, bidang sosial budaya 10 kegiatan dan bidang pemerintahan ada 4 kegiatan,” jelasnya.

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, menyampaikan, musrenbang prinsipnya bukan mengajukan kebutuhan dalam bentuk infrastruktur, tapi bagaimana musyawarah dalam menciptakan kebersamaan dalam membangun daerah melalui bidang lainnya. Disinilah salah satu peran penting 436 dasawisma yang ada di kecamtan MKS. Dasawisma menjadi sarana mempererat tali silaturrahmi meingkatkan pemberdayaan masyarakat.

“Pembangunan itu bukan hanya fisik saja, masih banyak program non fisik yang dapat diusulkan. Untuk itu, melalui musrenbang kegiatan itu dapat diusulkan, sehingga apa yang diusulkan diharapkan dapat dilaksanakan. Namun harus dipahami, prioritas di kelurahan belum tentu jadi prioritas di kecamatan dan prioritas di kecamatan belum tentu prioritas di tingkat kota,” ungkap Irwandi.

Saat ini pemerintah juga sudah mulai didukung dengan dana kelurahan. Sehingga sejumlah kegiatan sudah bisa dilaksanakan dengan dana itu dan tidak lagi diusulkan dalam musrenbang.

“Kami berharap, hasil musrenbang betul betul merupakan prioritas yang bisa diakomodir oleh pemko Bukittinggi. Apa yang tidak diakomodir langsung, bukan berarti tidak penting, tapi mungkin saja sudah masuk kegiatan SKPD terkait atau juga masuk dalam kegiatan melalui dana pokir anggota DPRD,” ujar Wawako yang diamini Kepala Bapelitbang, Rismal Hadi.

Sementara itu, Anggota DPRD Bukittinggi, Ibra Yaser, menyampaikan, hasil musrenbang mejadi salah satu aspirasi masyarakat yang menjadi kebutuhan umum.

“Untuk itu hasilnya tentu akan kami kawal. Selain itu, beberapa usulan masyarakat, akan diupayakan juga melalui pokir. Jadi yang tidak masuk dalam hasil musrenbang nantinya, kita upayakan melalui dana pokir,” ujarnya. (Ylm)

LINK DIREKTORI