Berita Kota Bukittinggi

Pemko Bukittinggi Menyambut Kepulangan Jemaah Haji Secara Resmi




Pemerintah kota Bukittinggi menyambut secara resmi kepulangan jemaah haji kota Bukittinggi yang telah selesai melaksanakan rukun Islam ke lima pada tahun 1440 H. Penyambutan dilakukan oleh Walikota bersama unsur Forkopimda dan kepala SKPD, di Auditorium Pustaka Bung Hatta Bukittinggi, Senin (02/09).

Kabag Kesra Setdako Bukittinggi, Eryanson, menjelaskan, pelepasan dan penyambutan jemaah haji ini, sebagai bentuk perhatian pemerintah kota dalam urusan haji. Tahun 2019 pemko Bukittinggi kembali memfasilitasi kelancaran keberangkatan jemaah haji dari Bukittinggi menuju embarkasi dan kembali lagi ke Bukittinggi.

Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi, Abrar Munanda, menyampaikan, jumlah jemaah haji kota Bukittinggi yang berangkat menuju Mekkah pada tahun 1440 H atau 2019 Masehi, berjumlah 271 orang. Saat pulang ke tanah air, 1 orang jemaah mengalami sakit dan harus dirawat di Makkah. Selanjutnya satu orang jemaah lagi juga mengalami sakit namun ikut pulang ke tanah air bersama rombongan.

“Hingga saat ini, satu jemaah masih tinggal di Makkah karena sakit atas nama Efinar Sukai Ahmad, perempuan usia 62 tahun, untuk menjalani perawatan medis. Sedangkan satu jemaah yang mengalami sakit saat pulang ke tanah air, yaitu, jemaah tertua Bukittinggi atas nama Jamarun Bin Salam laki-laki usia 89, meninggal dunia di RS M. Djamil Padang, pada tanggal 26 Agustus dan dikebumikan di Bukittinggi pada tanggal 27 Agustus 2019. Tiga hari setelah itu, istri Almarhum Jamarun, juga dipanggil Allah SWT,” jelasnya.

Selama rangkaian ibadah haji, seluruh jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan khusyu. “InsyaAllah seluruh jemaah haji Bukittinggi mendapat haji yang mabrur. Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota atas dukungan dan pelayanannya selama pelaksanaan haji. Selain itu, selama 20 hari kedepan jemaah haji diharapkan terus memeriksakan diri ke puskesmas terdekat,” pesan Abrar Munanda yang juga bertindak selaku pimpinan rombongan Jemaah Haji Bukittinggi.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan selamat datang kembali kepada jemaah haji Bukittinggi. “InsyaAllah para jemaah haji kita mendapat prediket haji yang mabrur,” ungkap Ramlan.

Walikota atas nama pemerintah daerah, juga turut berduka cita atas berpulangnya H. Jamarun bin Salam, jemaah tertua Bukittinggi yang meninggal dunia setelah selesai melaksanakan ibadah haji. Bahkan, beberapa hari setelah itu, sang istri dari Almarhum yang tidak ikut haji juga dipanggil Allah SWT.

Lebih lanjut, Wako juga berpesan kepada seluruh jemaah haji, untuk dapat meningkatkan ibadah serta menyebarluaskan ajaran Islam kepada keluarga dan lingkungannya. Sehingga amal dan pengalaman ibadah yang didapat dari pelaksanaan haji, dapat menjadi pedoman bagi calon jemaah haji nantinya.

“Pelayanan kedepan untuk keberangkatan dan kepulangan jemaah haji, akan terus ditingkatkan kedepannya. Sehingga rangkaian ibadah para calon jemaah haji kedepan dapat semakin baik pula,” pungkasnya. (Ylm)

LINK DIREKTORI