Berita Kota Bukittinggi

Pemko Bukittinggi Terima Duplikat Sang Merah Putih dari Istana Negara.




Walikota Bukittinggi bertindak selaku inspektur upacara pada prosesi penyerahan duplikat Sang Merah Putih yang berasal dari Istana Negara untuk Pemerintah Kota Bukittinggi bertempat di rumah dinas Walikota Belakang Balok, Sabtu sore (3/6).

Upacara prosesi penyerahan tersebut berjalan khidmat yang diikuti oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI) tahun 2016 dan calon Paskibraka tahun 2017 dan dihadiri oleh Wakil Walikota Bukittinggi dan Ka.OPD.

Dalam sambutannya Walikota Ramlan Nurmatias mengatakan, Duplikat Merah Putih yang  diterima hari ini adalah pengganti Duplikat Merah Putih yang telah rusak yang disebabkan oleh faktor usia yang telah cukup lama sejak tahun 2004, tentunya kondisi dan keadaannya sudah tidak layak lagi untuk dikibarkan.

“Kita harus bangga karena hanya 3 (tiga) kota di Indonesia yang memiliki hak memperoleh duplikat merah putih, selain Bukittinggi yakni DKI Jakarta dan Jogyakarta. Hal ini karena Bukittinggi adalah daerah yang memiliki sejarah perjuangan bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Kepada peserta upacara Walikota juga berpesan agar selalu menjaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan diantara kita, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari menggelorakan kembali semangat serta kejujuran Bung Hatta, begitupun bagaimana cara Bung Hatta berbicara, berdemokrasi dan mendidik anak – anaknya, pesan Walikota Ramlan.

Anggota PPI Bukittinggi Beni Yuneldi mengatakan ,” Terakhir Kota Bukittinggi menerima Duplikat Sang Merah Putih pada tahun 2004 lalu, karena saat ini kondisinya sudah mulai rusak dikembalikan lagi ke Istana Negara untuk mendapatkan perawatan, secara fisiknya beda  duplikat sang merah putih dengan bendera merah putih biasanya antara merah dan putihnya menyatu dan tidk dijahit dengan ukuran 2 x 3 meter,” jelasnya.

Saat ini duplikat Sang Merah Putih tersebut telah berada di kediaman Rumah Dinas Walikota Bukittinggi untuk dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 2017 yang akan datang. (ylm)

 

 

 

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI