Berita Kota Bukittinggi

Perpustakaan SMA 5 Bukittinggi Dinilai Tim Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional




Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias didampingi kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi Johnni bertempat diruang tamu walikota menerima kunjungan tim penilai Nasional Lomba Perpustakaan, Selasa (23/7).

Sri Sularsih, selaku ketua tim dewan juri yang merupakan mantan Kepala Perpustakaan Nasional yang didampingi oleh Asesor Perpustakaan Nasional Mustafa mengucapkan selamat kepada walikota Bukittinggi, karena perpustakaan SMA 5 Bukittinggi merupakan wakil dari Provinsi Sumatera Barat yang saat ini telah berada pada posisi 15 besar di tingkat nasional. Kedatangan tim adalah untuk melakukan visitasi yang bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi perpustakaan sekolah.

“kami mengucapkan selamat kepada Bapak Walikota atas prestasi yang diraih SMA 5 Bukittinggi dan saat ini telah berada diposisi 15 besar tingkat nasional, dan akan mencari 6 besar. Apabila telah juara nanti, akan dikunjungi oleh banyak sekolah, dan mudah – mudahan akan dapat memotivasi sekolah yang lain.” ujarnya.

Sri juga mengatakan bahwa lomba ini bertujuan untuk memotivasi perkembangan pustaka sekolah sebagai sumber belajar bagi anak didik, dimana dengan keberadaan pustaka sekolah akan dapat menghasilkan anak didik yang memiliki SDM yang unggul dan kompetitif, ungkapnya.

Walikota Ramlan Nurmatias juga mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dan juga mengatakan rasa optimisnya perpustakaan SMA 5 menjadi yang terbaik di tingkat Nasional.

“mudah-mudahan akan menjadi yang terbaik di tingkat nasional dan kami juga yakin akan menjadi juara karena memang telah dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Tekhnologi memang tidak bisa dihambat, namun bagaimana mengendalikannya, kita berharap perpustakaan dimasa kini harus dapat menjembatani ilmu pengetahuan yang diambil dari buku karena saat ini remaja terlihat lebih akrab dengan tekhnologi”, katanya

Ramlan menambahkan, meskipun kewenangan SMA berada di Provinsi, namun secara tanggungjawab moral Pemko selalu memperhatikan dan melakukan pembinaan, pengawalan maupun pengawasan sesuai dengan kemampuan.

Juga dikatakan, bahwa untuk persoalan pendidikan Pemko Bukittinggi sangat focus, pada tahun ini dilakukan pembangunan terhadap 11 sekolah, dan untuk perpustakaan kota juga saat ini sedang mencari lokasi yang strategis dan nyaman sebagai sebuah perpustakaan, tambahnya.

Setelah melakukan pertemuan dengan Walikota Bukittinggi, tim melanjutkan peninjauan lapangan untuk melakukan penilaian visitasi.

Penilaian Visitasi dilakukan oleh Tim Juri untuk mendapatkan gambaran seutuhnya tentang kondisi perpustakaan sekolah SMA 5, hal ini juga dilakukan untuk klarifikasi, verifikasi dan validasi data serta informasi yang sudah disampaikan melalui pengisian instrumen dan presentasi.

Turut hadir dalam penyambutan tim penilai tersebut kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat Wardarusmen, Kacabdin Pendidikan Wilayah I Mardison, perwakilan dari Perpustakaan Nasional Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. (Ylm)

LINK DIREKTORI