Berita Kota Bukittinggi

Tingkatkan Disiplin, Wawako Irwandi Lakukan Sidak




Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi didampingi kepala BKPSDM Sustinna dan Kepala Bidang pada BKPSDM melakukan  inspeksi mendadak (sidak) guna upaya menegakkan disiplin kerja pegawai pada beberapa Bagian dan Dinas yang berkantor pada Sekretariat Daerah Kota Bukittinggi, Selasa (13/3)

Kedatangan Wakil Walikota pada setiap Bagian yang dikunjungi membuat pegawai terkejut dan kelabakan, karena pada beberapa Bagian yang dikunjungi ditemui masih ada staf yang belum masuk atau tidak mengisi absensi pada hal waktu sudah menunjukkan pukul 08.00 Wib.

Ditemui pada beberapa Bagian seperti Bagian Kesra yang jumlah pegawainya 12 orang yang hadir hanya 4 orang,  Bagian Organisasi yang berjumlah 7 orang hadir hanya 4 orang, Bagian Keuangan berjumlah 11 orang yang ada hanya 4 orang, dan Dinas Kominfo jumlah pegawainya 27 orang yang hadir hanya 22 orang. Ketidak hadiran ini dengan berbagai alasan tentunya, namun Wawako Irwandi memerintahkan kepala BKPSDM agar menindak lanjuti dengan melakukan teguran sesuai ketentuan yang berlaku.

“Sidak untuk memantau kinerja dan disiplin kerja pegawai, sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Wawako Irwandi.

Dalam sidak Wawako tidak hanya memeriksa absensi pegawai dan membatasi dengan pena bertinta merah bagi yang terlambat, namun juga kelengkapan pakaian pegawai seperti papan nama dan lambang Korpri yang seharusnya digunakan setiap hari.

Disela-sela Sidak yang dilakukan, Irwandi meminta agar pegawai dilingkup Pemerintah Kota Bukittinggi senantiasa selalu disiplin dalam bekerja karena ini adalah komitmen, penegakan Disiplin Aparatur adalah komitmen Wawako bersama Walikota.

Irwandi pada kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa dalam hal disiplin, kedepan dirinya akan terus melakukan sidak. Dirinya meminta agar seluruh ASN harus menanamkan rasa memiliki dan tanggungjawab dalam melaksanakan pekerjaan.

"Tanamkan rasa memiliki dan rasa tanggungjawab dalam melaksanakan tugas sehingga dalam hal disiplin saat masuk kerja bukan karena takut pimpinan tapi karena memiliki kesadaran dan tanggungjawab akan pekerjaan”, ujarnya.

Sementara itu kepala BKPSDM Sustinna mengatakan akan menindaklanjutinya dengan membuat surat peringatan kepada atasan lansung daripada pegawai yang bersangkutan.

“Hasil sidak hari ini akan kita tindaklanjuti tentunya dengan membuat surat peringatan kepada atasan langsung yang bersangkutan. Dan sidak ini tidak hanya sebatas di Sekretariat saja namun akan dilanjutkan pada Dinas – dinas yang lainnya namun dengan waktu yang tidak ditentukan, dan  disiplin termasuk salah satu indikator yang akan mempengaruhi daripada penerimaan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) yang akan mereka terima”,  ungkapnya. (Ylm)

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI