Berita Kota Bukittinggi

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemko Bukittinggi Kunjungi Banyuwangi




Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan sejumlah kepala SKPD Kota Bukittinggi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur yang dipimpin oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias. Rombongan diterima langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta Kepala SKPD dilingkungan Pemkab.Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagata Blambangan dalam jamuan makan siang yang bernuansakan taman, Kamis (12/4). 

Setelah memperkenalkan rombongan, pada kesempatan tersebut Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias  mengungkapkan kedatangan ke Banyuwangi untuk sharing tentang berbagai hal. Mulai dari pemerintahan sampai ke Pelayanan Publik.

“Banyuwangi akhir – akhir ini telah mampu mencuri perhatian banyak pihak melalui berbagai inovasi yang digagas Bupati Abdullah Azwar Anas, salah satunya tadi kami ke mall pelayanan publik. Ini bagus dan pelayanan yang diberikan disana cukup lengkap dan semuanya telah memakai aplikasi elektronik. Masyarakat tentunya mendapat kemudahan dan biaya yang irit. Ini adalah salah satu hal yang akan kita tiru”, ujar Ramlan.

Ramlan juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pemkab. Banyuwangi dan  mengundang Bupati serta Forkopimda Banyuwangi serta jajaran SKPD Pemkab. Banyuwangi untuk berkunjung ke Bukittinggi, menikmati udara yang segar dan bordir kerancang serta kuliner khas Bukittinggi tentunya.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut hangat kedatangan Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias beserta Forkompimda dan Rombongan, sebagaimana yang diungkapkan bahwa Bukittinggi yang memiliki banyak potensi mulai dari kekayaan alam hingga karya – karya sastra yang terkenal, hingga tokoh – tokoh nasional. “kalau bicara Bukittinggi saya jadi ingat  novel yang melegenda seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk dan Di Bawah Lindungan Ka’bah serta legenda malin kundang. Ada juga kekayaan alam Ngarai Sianok dan Jam Gadangnya yang fenomenal,” ujar Anas.

“kita disini saling belajar, apa yang baik dari Banyuwangi silahkan diambil dan kami pun akan terus belajar apa yang lebih unggul di daerah lain. Seperti saat kami belajar tentang penyelenggaraan sport tourism Tour de Singkarak di Sumatera Barat,” kata Anas.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyampaikan, Mall Pelayanan Publik merupakan ikhtiar pemkab mewujudkan pelayanan yang lebih baik. Warga tidak perlu ke berbagai instansi untuk mengurus satu keperluan, semuanya cukup dilakukan di satu tempat.

“Ini cara kami merubah paradigma masyarakat. Kalau dulu mengurus dokumen di pemerintahan dianggap ribet dan membosankan, dengan cara seperti ini kami berharap pengurusan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Intinya bagaimana masyarakat terlayani dengan maksimal,” pungkasnya.

Pada hari dan waktu yang bersamaan, Banyuwangi selain dikunjungi Pemko. Bukittinggi juga ada kunjungan dari SKPD Kota Serang yang dipimpin oleh Walikota Serang Tubagus Haerul Jaman dan sejumlah SKPD Pemkab.  Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan yang dipimpin oleh Plt. Bupati Hulu Sungai Selatan, Ardiansyah.

Senada dengan dua kepala daerah sebelumnya,  Plt. Bupati Hulu Sungai Selatan, Ardiansyah mengatakan, pihaknya terinspirasi dengan berbagai kemajuan Banyuwangi. “Pokoknya kita kemari mau studi tiru semua kemajuan yang ada di Banyuwangi dan tidak studi banding, karena memang tidak perlu kita banding - bandingkan. Nanti Pak Bupati silahkan datang ke daerah kami apakah yang kami bawa dari sini sudah diterapkan dengan baik atau belum,” tandas Ardiansyah.

Pertemuan yang penuh dengan keakraban tersebut diakhiri dengan penyerahan cendrahati oleh masing – masing Kepala Daerah dan Bupati Banyuwangi memakaikan “Udeng” ke kepala Walikota Ramlan Nurmatias beserta Forkopimda dan Sekda Kota Bukittinggi. (Ym)  

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI