Berita Kota Bukittinggi

Untuk Suksesnya HUT RI ke-74 tahun 2019, Pemko Gelar Rapat Persiapan




Guna mensukseskan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019 di Kota Bukittinggi, Pemko Bukittinggi melalui Kesbangpol melaksanakan rapat persiapan yang dipimpin oleh Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi yang dilaksanakan di Aula Balaikota Gulai Bancah Bukittinggi, Jum’at (19/7).

Rapat dihadiri oleh Asisten I dan II Sekretariat Daerah, Ka.SKPD, Kabag Ops Polres Bukittinggi, yang mewakili Dandim 0304 Agam, Ka.Bank Nagari, Kemenag, Camat dan Lurah serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wawako Irwandi menekankan kepada semua unsur yang terlibat dalam kepanitiaan agar berperan aktif dan menjalankan tugas yang dipercayakan dengan penuh rasa tanggungjawab.

“peringatan HUT RI ini adalah hal yang rutin setiap tahun dilaksanakan, namun bagaimana setiap tahunnya ada peningkatan kualitas dalam pelaksanaannya, untuk itu diminta kepada semua pihak yang terlibat dalam kepanitiaan agar berperan aktif agar peringatan hari kemerdekaan di Bukittinggi berjalan lancar dan sukses”, ujar Wawako.

Untuk meriahnya kegiatan HUT RI, camat diminta untuk mengkoordinir kegiatan lomba – lomba yang ada di masing – masing kelurahan dan kepada SKPD dan masyarakat agar memasang marawa dan umbul – umbul serta bendera merah putih mulai dari tanggal 1 sampai 31 Agustus 2019, sebutnya.

Agenda HUT RI di Kota Bukittinggi sebagaimana disebutkan Wawako Irwandi, diawali mulai tanggal 16 Agustus pada pukul 18.30 Wib dengan pelaksanaan pawai Taptu (pawai obor) yang akan diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai unsur, seperti TNI, Polri, ASN, Satuan Polisi Pamong Praja, serta para mahasiswa, pelajar, pramuka, dan organisasi kemahasiswaan dan pelajar lainnya. Kemudian dilaksanakan kegiatan renungan suci dan ziarah di Makam Pahlawan Kesuma Bhakti Gulai Bancah yang berlangsung tepat pada pergantian hari pada tanggal 17 Agustus pukul 00.00 Wib.   

Upacara detik – detik proklamasi dilaksanakan di lapangan Wirabraja Bukittinggi, kemudian setelah itu dilakukan kunjungan pemberian remisi ke Lapas Biaro dan sore harinya diadakan aubade dan upacara penurunan bendera, kemudian malamnya akan diadakan malam resepsi.

Sebagaimana tahun – tahun sebelumnya, pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini juga akan diadakan pawai alegoris dan pembangunan, namun waktunya belum ditentukan, untuk itu diminta kepada panitia yang membidanginya untuk segera merapatkan kapan waktu  pelaksanaannya, tutup Wawako. (Ylm)

LINK DIREKTORI