Berita Kota Bukittinggi

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi Inspektur Upacara HAB ke-73




Kementrian Agama bersama pemerintah kota Bukittinggi, peringati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 73 tahun 2019. Momentum yang nengangkat tema ‘jaga kebesamaan umat’ ini, digelar dengan upacara bendera di halaman MAN 1 Bukittinggi, Kamis (03/01).

Upacara dipimpin Wakil Walikota Bukittinggi, dihadiri unsur Forkopimda dan jajaran kementrian agama kota Bukittinggi. Upacara diikuti oleh ratusan pelajar dari MTsN dan juga MAN serta staff Kemenag Bukittinggi.

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, saat membacakan amanat dari Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin, menyampaikan, pembentukan Kemenag 73 tahun silam, merupakan keputusan bersejarah dalam kehidupan bangsa dan negara. Kemenag didirikan untuk memeliharan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kerukunan antar umat beragama.

“Melalui Hari Amal Bhakti ini, kita ingatkan pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945. Sejalan dengan itu, diangkat tema HAB tahun ini, jaga kebersamaan umat, kami mengajak seluruh jajaran untuk dapat menebarkan energi positif, dan merawat kerukunan. Kita juga himbau agar tidak menebar kebencian, melempar fitnah tak bertanggung jawab yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi memasuki tahun politik saat ini,” ujar Irwandi membacakan pidato Menteri Agama.

Dalam pidato itu, Menteri Lukman juga mengajak seluruh jajaran Kemenag untuk dapat menegakkan lima nilai budaya kerja Kementrian Agama, integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. “Jangan sekali-kali mengkhianati kepercayaan umat deWakil Walikotangan perbuatan korupsi dan berbagai tindakan tak terpuji,” tegasnya.

Wawako juga mengapresiasi Kemenag Bukittinggi yang telah banyak berkontribusi untuk kota wisata ini. Kontribusi itu lahir di berbagai bidang, terutama bidang pelayanan masyarakat serta bidang pendidikan. “Selamat dan terima kasih kepada kemenag yang selalu berkoordinasi dengan pemko untuk mendukung program pemerintah dan juga menjaga kerukunan umat beragama,” tambah Irwandi.

Dalam upacara Hari Amal Bhakti ke 73 itu, juga diberikan penghargaan dan penyematan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada sejumlah tokoh berprestasi serta ASN yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun di lingkungan Kemenag Bukittinggi. (Ylm)

LINK DIREKTORI