Berita Kota Bukittinggi

Walikota Hadiri Kahatam Al Qur’an MDTA Nurul Huda dan TPQ Irsyaddunnaas




Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, menghadiri kegiatan Alek Nagari Khatam Al Qur’an ke 75 MDTA Nurul Huda Panganak Kelurahan Puhun Pintu Kabun dan Khatam Al Qur’an ke IX TPQ Irsyaddunnaas Kabun Pulasan Kelurahan Puhun Tembok tahun ajaran 2018 – 2019, Minggu (21/4).

Kegiatan khatam Al Qur’an ini diawali dengan pawai taaruf dengan mengikutsertakan seluruh peserta yang akan berkhatam dan ditambah dengan barisan yang berpakaian penganten Minang serta sepeda hias dan drumband.

Walikota Ramlan menyampaikan ucapan terima kasih kepada guru mengaji yang telah mengajarkan kepada anak – anak dari belum bisa mengaji dan sekarang sudah mampu membaca Al Qur’an, kemudian beliau juga berpesan kepada anak – anak yang akan ber khatam Al Qur’an untuk terus membaca, mempelajari dan mengamalkan serta mensyiarkan Al Qur’am didalam kehidupannya.

“ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada para guru mengaji yang selama ini telah dengan tulus dan ikhlas mengajarkan cara membaca Al Qur’an kepada anak - anak hingga mereka mampu membaca Al Qur’an dan juga kepada peserta khatam Al Qur’an saya berpesan agar senantiasa meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam membaca Al Qur’an serta pengetahuan lainnya, walaupun telah khatam Al Qur’an namun jangan pernah berhenti membaca Al Qur’an”, ujar Walikota.

Selanjutnya walikota menyampaikan, memasuki rentang waktu tahun 2020 – 2035, adalah sebuah peluang dan tantangan Bonus Demografi yang sangat besar dimana penduduk usia produktif lebih banyak, bonus demografi tidak hanya berpotensi memberikan keuntungan saja, namun juga potensial menimbulkan ancaman berbahaya bagi suatu bangsa. Untuk itu dengan membekali anak – anak dengan Al Qur’an lebih dini akan dapat membentengi diri anak – anak kita dari pengaruh negatif akibat kemajuan tekhnologi yang tidak dapat dibendung.

Lebih lanjut Ramlan menjelaskan khatam Al Qur’an ini dinilai dapat menunjukkan tingginya kesadaran komitmen dan tanggungjawab selaku orang tua dan masyarakat teradap pentingnya pendidikan agama dikalangan anak – anak, karena Al Qur’an mempunyai nilai yang paling mendasar bagi kehidupan anak dimasa yang akan datang.

Diakhir sambutannya Walikota mengucapakan terima kasih kepada seluruh warga kota Bukittinggi yang telah menggunakan hak pilihnya dengan sebaik – baiknya, dimana pemilu di Bukittinggi telah berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Jumlah santri yang mengikuti khatam Al Quran di MDTA Nurul Huda Panganak sebanyak 40 orang yang terdiri dari 20 orang laki – laki dan 20 orang perempuan. Sedangkan yang mengikuti Khatam Al Qur’an di TPQ Irsyaddunnaas Kabun Pulasan sebanyak 20 orang yang terdiri dari 9 orang laki - laki dan 11 orang perempuan.

Disamping dhadiri oleh Walikota Bukittinggi Khatam Al Qur’an ini juga dihadiri oleh Asisten II Setda, Camat MKS, Lurah, Niniak mamak, Bundo kanduang dan tokoh masyarakat setempat.(Ylm)

 

LINK DIREKTORI