Berita Kota Bukittinggi

Walikota Ramlan Nurmatias Ajak Masyarakat Untuk Meramaikan Masjid




Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias meresmikan Renovasi Pembangunan Lantai 1 Masjid Syukra Kel.Cimpago Ipuh Kecamatan Mandiangn Koto Selayan. Pada peresmian pemakaian kembali lantai 1 masjid Syukra tersebut terlihat dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, Anggota DPRD, Camat, Lurah, Kemenag, Ketua LKAAM Kota Bukittinggi, Niniak mamak, Bundo Kanduang serta Tokoh masyarakat dan pemuda Ipuh Mandiangin, serta undangan lainnya, Jumat (11/5).

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Sri Novita yang merupakan juara MTQ Tingkat Kota Bukittinggi tahun 2018 dan kemudian dilanjutkan dengan laporan panitia pelaksana. Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh ustad Akhiar mengatakan bahwa pembangunan lantai 1 Masjid Syukra ini telah dimulai sejak tahun 2017 dengan menelan biaya sebesar Rp.636 juta.

“pembangunan yang dimulai sejak tahun 2017 ini menelan biaya Rp.636 juta yang bersumber dari bantuan Pemerintah Kota Bukittinggi sebesar Rp.155 juta dan selebihnya merupakan wakaf dan infaq dari kaum muslimin dan muslimat jamaah Masjid serta masyarakat Cimpago Ipuh baik yang berada di kampung maupun yang berada di perantauan”, ujarnya.

Kemudian atas nama pengurus Akhiar juga mengucapkan terima kasih kepada suku kaum Pisang atas wakaf pelebaran tanah untuk tempat berwudhuk lantai 1 yang telah dapat dimanfaatkan serta mendoakan semoga diberikan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT.

Kepala kantor Kemenag Kota Bukittinggi yang diwakili oleh Kasi.Pendidikan Agama Islam Ghazali dalam sambutannya mengatakan bahwa berkenaan dengan fungsi  masjid sebagai umat Islam yang harus kita ketahui yakni, “Masjid sebagai tempat shalat berjamaah 5 waktu sehari semalam, sebagai tempat pendidikan yang tidak hanya formal tetapi juga non formal, sebagai tempat bermusyawarah untuk kemaslahatan ummat dan sebagai tempat merawat orang sakit serta untuk asrama atau tempat tidur sebagaimana zaman dahulu ada yang tidur dan beristrahat di masjid asalkan dijaga kebersihan masjid dan semoga masjid ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan ajaran Rasulullah ”, ungkapnya.

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Pemerintah Kota tidak akan ragu – ragu untuk menganggarkan kebutuhan dibidang keagamaan, seperti halnya tahun lalu telah dianggarkan lebih kurang Rp.4 milyar pembangunan sarana keagamaan karena dengan semakin rapih dan nyamannya tempat beribadah juga akan membuat senang jamaah dalam melaksanakan ibadahnya.

“pemerintah kota tidak akan ragu-ragu membantu dalam soal keagamaan, namun hibah sesuai dengan aturan tidak dapat diberikan setiap tahunnya, untuk penunjang kegiatan LPTQ tahun ini telah dianggarkan Rp.750 juta dan begitu juga selama Ramadhan 1439 Hijriah nanti, pemko juga akan membantu honor muballigh pada 45 Masjid dan 105 Mushalla,” jelasnya.

Ramlan Juga mengatakan, Pemko sangat mendukung pembangunan Masjid yang representatif ini  agar Jamaah merasa nyaman dan bersemangat dalam beribadah menuju keridhoan Allah SWT, “masjid telah kita buat yang bagus untuk itu mari dipelihara dengan baik,  mari kita ramaikan masjid dan memakmurkannya serta mari berlomba – lomba untuk kebaikan”, ajak walikota Ramlan.

Disamping pembangunan renovasi lantai 1 masjid Syukra ini, selama tahun 2017 panitia juga telah menyelesaikan pembangunan 9 lokal yang terdiri dari 3 lantai yang telah dimanfaatkan untuk pendidikan MDTA serta kegiatan remaja Masjid dengan menelan biaya Rp.1,2 milyar yang bersumber dari wakaf dan infaq kaum muslimin dan muslimat serta Pemko Bukittinggi untuk pembangunan tangganya. (Ylm)

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI