Berita Kota Bukittinggi

Walikota Sholat Khusuf Bersama Ribuan Jamaah Masjid Agung




Walikota Ramlan Nurmatias bersama Wakil Walikota Irwandi beserta Forkompimda Bukittinggi dan SKPD hadir bersama ribuan jamaah yang memadati Masjid Agung Tangah Sawah Bukittinggi guna melaksanakan Shalat gerhana bulan atau lebih dikenal dengan shalat khusuf, Rabu malam (31/1).

Bertindak sebagai Imam Ustadz Afrizal Tk. Nan Kayo, Ketua Ikatan Persaudaraan Qori dan Qoriah (IPQAH) Bukittinggi sedangkan yang bertindak sebagai khatib H.Ilham,LC,MA yang merupakan Pimpinan  Pondok Pesantren dan Ma’had ‘Ali Thawalib Parabek.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengapresiasi antusias warga Bukittinggi untuk melaksanakan sholat khusuf mengingat penuhnya Masjid Agung dan Masjid lainnya di Bukittinggi yang pada umumnya melaksanakan Sholat Khusuf. Ramlan menghimbau warga agar terus bertaubat da banyak berdoa dan melakukan zikir.

“Gerhana bulan merupakan salah satu kekuasaan Allah. Dunia ini, bulan dan seluruh diatur oleh Allah SWT. Tidak ada yangtidak mungkin oleh Allah SWT, untuk itu mari terus bertafakur kepada Allah, untuk itu mari terus mengingat, berdoa dan bertaubat kepada Allah”, ujarnya.

Sementara itu H.Ilham dalam khustbahnya menyampaikan bahwa fenomena gerhana bulan mengandung hikmah agar umat muslim percaya dengan kekuasaan Allah. Untuk itu manusia diajak untuk terus meningkatkan keimanannya kepada Allah.

“Saat Nabi melihat gerhana bulan, Rasul sangat ketakutan. Beliau khawatir karena berfikiran ini tanda kiamat. Sehingga berdoa kepada Allah danmemohon ampun, bukan tertawa bahagia, berpesta pora. Dengan fenomena alam, Allah mengingatkan manusia untuk meningkatkan kualitas iman kita kepadaNya, memohon ampun dan bertoaubat kepadaNya”, ungkapnya.

Sholat Khusuf di Masjid Agung diawali dengan Sholat Maghrib berjamaan, kemudian dilanjutkan dengan Sholat Khusuf dan Khutbah serta ditutup dengan Sholat Isya berjamaah. (Ylm)

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI