nama:
kata kunci:

Visitor(s): 883309
Online(s): 14
Last Update: 31 October 2014









  »  PENGUMUMAN SELEKSI CAPRA IPDN TH 2014 KOTA BUKITTINGGI   »  VISIT BUKITTINGGI 2014
Home » Berita » BANK SAMPAH ABTB DILIRIK MAHASISWA YOGYAKARTA

BANK SAMPAH ABTB DILIRIK MAHASISWA YOGYAKARTA

Tanggal : 08 January 2013
Bukittinggi, Humas ABTB
Kepedulian masyarakat kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh ( ABTB ) dalam mengelola sampah bernilai ekonomis yang dikoordinir Pemerintah Kecamatan bersama kelompok Journalist Community Care ( JCC )kembali mendapat perhatian dari Universitas Sanata Dharma ( USD ) Yogyakarta . Kalau bulan November lalu yang datang 5 orang peneliti dari Pusat Studi Lingkungan USD, maka kunjungan kali ini adalah 5 orang Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi didampingi pengelola program studi Manajemen Lucya Kurniawaty,S.Pd.M.S.M, 5 orang Mahasiswa Biologi dengan koordinator dan pengelola program studi Pendidikan Biologi Lucia Wiwid Wijayanti,M.Si dan 1 orang dosen pendamping lapangan dari Pendidikan Biologi Ika Yuni Lestari,S.Pd.M.Pd.
Camat ABTB Rismal Hadi,S.STP.M.Si diruang kerjanya menjelaskan, maksud dan tujuan kedatangan mahasiswa USD ini merupakan tindak lanjut kedatangan tim peneliti sebelumnya dalam upaya memperkuat keberadaan JCC dalam menggerakkan pengelolaan sampah berbasis masyarakat di kecamatan ABTB khususnya dan kota Bukittinggi pada umumnya. Motivasi lain dari kunjungan ini juga terkait inisiasi pembentukan koperasi usaha kerajinan daur ulang untuk mendukung gerakan bank sampah disamping penguatan terhadap kemampuan Sumber Daya Manusia ( SDM ) dalam mengelola usaha. Sasaran berikutnya dari kunjungan ini kata Rismal Hadi ada upaya untuk merintis kerja sama dengan Akademi Akutansi ( AKTAN ) Bukittinggi dan Univeristas Bung Hatta ( UBH ) yang juga sudah memiliki bank sampah guna mendukung pengelolaan bank sampah di kecamatan ABTB.
Menurut rencana rombongan akan sampai di Bukittinggi pada tanggal 10 Januari 2013 dan akan beraktifitas sampai tanggal 29 Januari 2013.
Ditambahkan Rismal Hadi, kegiatan observasi dan pendampingan ke sekolah-sekolah dengan membuat kegiatan ekstra dan ko-kurikuler tentang pendidikan lingkungan khususnya pengelolaan sampah berbasis keluarga serta pendampingan ke kelompok Dasawisma berupa pemilahan sampah, penyempurnaan produksi kompos dan inovasi aplikasinya juga program yang telah direncanakan oleh rombongan.” Peninjauan ekosistem Ngarai Sianok ( TPA Panorama ) juga bakal dilakukan dan kegiatan ini akan ditutup dengan diskusi untuk menginisiasi hasil penelitian tentang historisitas kota Bukittinggi dengan JCC”, ujar Rismal Hadi.
Masih menurut Rismal Hadi, dengan adanya kegiatan ini kita berharap para Mahasiswa di Bukittinggi akan termotivasi dan dapat membangun visi bersama dengan JCC tentang pengelolaan sampah di kota Bukittinggi (abtb/kominfo)

520 kali dibaca : Lihat Indeks Berita

Berita Lainnya ...

PEMERINTAH KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT
Copyright © 2008 - 2010 Allright reserved.
Jln. Kesuma Bhakti No. 1, Bukit Gulai Bancah
Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi
Sumatera Barat - Indonesia - Kode Pos : 26122