nama:
kata kunci:

Visitor(s): 877411
Online(s): 11
Last Update: 24 October 2014









  »  PENGUMUMAN SELEKSI CAPRA IPDN TH 2014 KOTA BUKITTINGGI   »  VISIT BUKITTINGGI 2014
Home » Berita » LKAAM Gelar Muskerda

LKAAM Gelar Muskerda

Tanggal : 06 May 2013
BUKITTINGGI – Musyawarah Kerja Daerah (Muskerda) LKAAM Bukittinggi diselenggarakan Minggu (5/5) di aula Balaikota Gulai Bancah. Musyawarah ini bertemakan “Dengan Mukerda LKAAM Kita Perkokoh Rasa Tanggung Jawab terhadap Fungsi dan Peran Tungku Tigo Sajarangan, Tali Tigo Sapilin”.
Hadir pada saat itu Wakil Walikota Bukittinggi Dr.H.Harma Zaldi,Sp.B,FinaCs, Kapolres, Dandim 0304/Agam, MUI, LKAAM Provinsi Drs. H. Sayuti Dt. Rajo Pangulu, Wakil Ketua LKAAM Bukittinggi Dt. Limbago Sati, pemangku adat dan Bundo Kanduang, juga hadir pada saat itu SKPD terkait di antaranya, Diknas, Humas, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kelurahan/Nagari serta ketiga camat di Kota Bukittinggi.
Musyawarah bertujuan agar segala kegiatan tersosialisasi pada anggota LKAAM, terakomodasi sumbang saran dari masyarakat. Manfaatnya supaya setiap program dan kegiatan tersusun dengan rapi, terkendali dan berjalan dengan lancar.
Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua LKAAM Bukittinggi Dt. Limbago Sati menyampaikan visi dan misi dari kegiatan ini untuk melestarikan adat. Tentunya untuk mencapai visi dan misi tersebut dilakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Adapun program yang akan dilakukan tahun 2013 di antaranya pembekalan adat dengan metode wawancara bersama pemuka adat dan agama, pembekalan agama dan adat pada masyarakat, pembekalan adat pada siswa SLTA melalui pendidikan dan kelestarian adat Minangkabau, pembinaan seni dan budaya.
Wakil ketua LKAAM Sumatera Barat Sayuti Dt. Rajo Pangulu, menjelaskan ada beberapa program dan kegiatan LKAAM yang perlu diperhatikan yaitu penguasaan kelembagaan dan organisasi, penguasaan hukum dengan cara melakukan MOU dengan Polri, Kejaksaan, Ketua Pengadilan dan sebagainya, melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pihak terkait, sosialisasi pada anggota dan masyarakat, serta melakukan kunjungan kerja ke 19 Kab/ Kota di Sumbar.
Disamping itu Dt. Rajo Pangulu juga mengatakan keputusan LKAAM bersifat otonom tidak bisa diintervensi oleh KAN, hubungan dengan KAN hanya bersifat hubungan koordinasi saja.
Di saat yang sama Wakil Walikota Bukittinggi Dr.H.Harma Zaldi,Sp.B,FinaCs, mengatakan LKAAM perlu adakan musyawarah untuk menyusun program dan kegiatan. Iapun menyampaikan apresiasi atas terjalinnya komunikasi yang harmonis antara Pemko Bukittinggi dengan seluruh ninik mamak dan pemangku adat selama ini. Hubungan saling keterbukaan dan komunikasi yang baik itu diharapkan dapat membawa masyarakat Bukittinggi ke arah yang lebih baik di masa datang, terutama meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.
Selain itu, menurut Harma Zaldi, peran ninik mamak bersama alim ulama, cerdik pandai dan bundo kanduang tetap dinantikan dalam mengujudkan kehidupan kemasyarakatan yang berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Apalagi, Pemerintah Kota Bukittinggi telah menetapkan kerangka dasar pembangunan kemasyarakatan yang bersendikan pada nilai-nilai agama, adat dan budaya. (Ronal/hi/kominfo)

423 kali dibaca : Lihat Indeks Berita

Berita Lainnya ...

PEMERINTAH KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT
Copyright © 2008 - 2010 Allright reserved.
Jln. Kesuma Bhakti No. 1, Bukit Gulai Bancah
Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi
Sumatera Barat - Indonesia - Kode Pos : 26122